feedburner

Teruslah bergerak, hingga KELELAHAN itu LELAH mengikutimu,
Teruslah berlari, hingga KEBOSANAN itu BOSAN mengejarmu,
Teruslah berjalan hingga KELETIHAN itu LETIH bersamamu

Apa yang hebat dengan F**e B**k??

Apa yang hebat dengan F**e B**k??
(Gw nanya, bukan nge-judge-)

Semua orang punya face book?? Apa iya begitu?
Buktinya, gw aja gak punya! Apa yang hebat dengan face book??!
Tapiii, sampai kapan ya gw bakal mempertahankan keidealismean gw untuk gak punya face book?
Ada beberapa alasan kenapa gw gak punya face book:


1. I don’t have much time to deal with such that thing or I just consider that I don’t
Pagi-pagi, tutorial. Kalau ada waktu istirahat, paling rapat. Kalau lagi gak ada rapat, makan. Kalau belum waktu jam makan, nyelesain tugas organisasi. Kalau gak ada tugas organisasi, buat agenda untuk sehari. Buka internet adalah hal terakhir yang dipikirin. Itu juga akan jadi prioritas utama kalau antivirus udah butuh di-update atau buka e-mail, liat-liat ada tugas artikel yang masuk atau gak.
Siang-siang, istirahat sholat dan makan siang. Itu juga kalau kantin gak rame. Yang pasti sholat zuhur diprioritaskan nomer 1. Abis itu, lab sampe jam 15.30. Gak mungkin juga buka-buka internet jam segitu.
Sore-sore, rapat. Kalau gak ada rapat..biasanya mah pasti ada!! Oke, kalo gak ada rapat (terpaksa!), ada mentoring. Pulang sebelum jam 5 akan menjadi suatu hal yang tabu untuk seorang Putri Zulmiyusrini. Tapi jika “terpaksa” harus pulang cepet, yaaa langsung balik ke kosan. Nyampe kosan, beres-beres kosan sampe magrib.
Malem-malem, ngerjain LI dan tugas organisasi.
Akhirnya, baru bisa buka internet malem-malem (banget), itu juga kalo gak ketiduran pas lagi ngerjain LI! (Biasanya sih ketiduran). Lagipula, sebelum jam 11 malem, internet kosan masih banyak yang pake, jadinya lambat deh. Dan akhirnya gw berniat untuk membuka internet pada dini hari, alias jam 3an. Karena pada waktu-waktu tersebut, internet akan sangat cepaaaat, apalagi untuk streaming ataupun download video. Kecepatannya bisa nyampe 50 kb/sec. Tapi, ya itu tadi..gw buka internet jam segituan buat download dan streaming video, paling serial-serial tv yang belum sempat ditonton.
Kalau gw punya waktu kosong dimana gw harus me-refresh otak gw, hal yang akan gw lakukan adalah nonton!
Sooo, kayaknya gw gak sempet untuk ngurusin face book…Or I just consider…(?)

2. Apa yang akan gw lakukan jika gw buka internet
When I switch the internet on, I will always surf the google and search many things about my favorite movie or artist or some assignment that I have. Gw lebih suka download atau nungguin streaming-an video, cari gambar-gambar, lirik lagu, nyari-nyari beasiswa, baca blog orang, atau (kalau lagi “kemasukan”) buka pubmed untuk nyari jurnal-jurnal. Yaah, buka internet untuk cari inspirasi lah. Kalau gak, buka email liat-liat apa ada info terbaru atau nerima tugas artikel orang-orang. Atau ngurusin blog sendiri. Kayaknya banyak yang bisa dilakukan di internet, tapi kenapa ber-facebook ria gak masuk dalam list gw yaaa?? Gw sendiri juga heran!

3. Gw punya friendster dan apa yang terjadi??
Friendster gak pernah diurusin. Pernah siy sekali-sekali, kalau lagi ada sesuatu yang seru. Tapi, waktu dulu internet belum dipasang di kosan alias masih suka nge warnet, buka friendster lama bangeeet!! Ujung-ujungnya nge-hang! Alhasil, lebih sering gw mengurungkan niat untuk buka friendster. Dan sekarang, semenjak semua orang udah pada punya face book, satu hal yang gw yakini, mereka juga udah jarang nge-update FS mereka, so gak ada alasan buat gw juga untuk nge-update FS kan?!..hehe

4. Alasan orang-orang punya face book
“Cum, masa lo gak punya facebook sih?? kan lo anak med-info!” So what?!
Gw penasaran kenapa fenomena facebook sangat merebak di masyarakat, padahal kan itu hanya menjalin hubungan di dunia maya. Lebih enak ketemu langsung kan. Gw nyari-nyari alasan kenapa orang-orang akhirnya memutuskan untuk ngebuat facebook. Here the reasons:
a. Banyak info-info terbaru yang bisa kita dapet. Apalagi anak media 2006 Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran mengupload segala macem informasinya di facebook
b. Bisa kenal sama banyak orang
c. Dapet link yang luas
d. Ngeliat temen-temen kita yang dulu-dulu (alias reunion sama temen-temen SD, SMP, SMA)
e. Biar gak lost contact sama temen-temen kita yang dulu
f. Bisa liat gossip terbaru (siapa yang masih single, siapa yang baru aja jadian, siapa yang baru putus, dan bla..bla..bla)
g. Facebook lebih interaktif dibanding friedster loh (bahkan di awal-awal gw denger bisa sampe melihara hewan dan main games segala)
h. dll

5. I don’t really care about other’s “business”
Mungkin ini salah satu sisi keegoisan gw. Sebenernya bukan gak peduli sama orang lain, tapi gw gak begitu peduli sama urusan orang-orang yang ada di facebook. Menurut pengalaman, biasanya di tempat-tempat semacam facebook obrolannya gak jauh-jauh dari: siapa baru jadian sama siapa, siapa yang baru putus sama pacarnya , apa gossip terbaru, si dia lagi ngeceng siapa, siapa jalan-jalan kemana, siapa yang lagi banyak tugas kuliah,,yaa urusan-urusan semacam itulah!
Menurut gw, masih banyak yang bisa diurusin atau dipikirin selain hal-hal itu. Misalnya, gimana caranya biar serangan Israel ke Jalur Gaza bisa berhenti, gimana caranya biar tutor-tutor di FK gak pada males masuk, gimana caranya biar kegiatan kemahasiswaan di FK bisa benar-benar hidup, apa yang diperluin sebelum masuk koAss nanti, mau jadi dokter seperti apa... yaaa..banyak kan?! Fiuuuh!

6. I’d like to be “different”
Menurut gw, gak keren aja jika semua orang di dunia ini sama. Gak seru juga misalnya semua orang ngikutin trend. Apa iya kalau orang yang gak ngikutin trend namanya orang yang ketinggalan jaman?? Karena dengan berbeda kamu dapat lebih terlihat (Meskipun hal ini bukan dalam konteks facebook ya..)

Satu hal lagi yang memperkuat alasan gw untuk gak buat facebook adalah
7. Facebook milik Mark Zuckerberg dan dia anggota Alpha Epsilon Pi dan Alpha Epsilon Pi adalah perkumpulan Jewish Fraternity of North America alias perkumpulan mahasiswa Yahudi
Berita tersebut gw temukan dari salah satu email temen gw (yang juga merupakan forward-an dari orang lain). Gila juga kalau ternyata berita itu bener. Berarti ada kemungkinan bahwa facebook berhubungan dengan Israel dan mungkin juga ternyata selama ini facebook telah menyuplai bantuan untuk serangan Israel ke Jalur Gaza. Semakin banyak orang yang mendaftar facebook, semakin banyak iklan yang dipasang di facebook, semakin banyak pula pemasukan mereka, dan akan semakin banyak juga masyarakat Palestina yang gugur. Gila banget ya!! Yaa, setau gw yang diajarin di Islam bahwa kalau ada sesuatu yang kita ragukan, maka tinggalkanlah.

Yap, itu adalah beberapa alasan kenapa sampai sekarang gw gak punya face book. Tapi ada 1 cerita konyol tentang facebook ini.
Jadi, ini terjadi waktu tutorial, saat kelas kami lagi gak ada tutornya (secara FK Unpad lagi kekurangan tutor yang berdedikasi terhadap pekerjaannya..). Gw nanya sama temen 1 kelompok gw (ada 9 orang di kelompok gw) “Siapa disini yang gak punya facebook??” Saat itu gw yakin paling gak akan ada 1 orang yang ngejawab (selain gw tentunya) karena disitu ada seseorang anak bernama Sonie Umbara yang terkenal alimnya dan gw yakin dia juga gak punya face book..lalu gak ada yang jawab..gw lanjutkan..”selain gw…?” tetap tidak ada balasan..Wah, ada yang ga beres nih! Mungkin Sonie terlalu malu atau terlalu pendiam atau bahkan terlalu tidak peduli untuk ngejawab pertanyaan gw..Kerena keyakinan gw di awal yang masih gw pertahankan bahwa gw bukan satu2nya orang di kelompok itu yang gak punya facebook, gw tanyalah soni..”Soni, emang lo punya face book??!” ….. “Punya!”… Whaaaaaatttt!!! Seorang sonie punya facebook??!!. Orang-orang di sekitar gw langsung nyambung..”Soni punya facebook kali cum..”..heee?? Berarti gw emang satu-satunya orang di kelompok itu yang gak punya facebook!!

Yaa,,gw juga gak tau apa yang akan terjadi sejam kemudian, besok, lusa, seminggu lagi, sebulan lagi, atau bahkan setaun lagi. Mungkin suatu saat gw akhirnya akan punya facebook (tentunya pada saat facebook udah terbukti “bersih”)..mungkin…atau bahkan disaat orang-orang udah beralih dari facebook itu sendiri..

5 comments:
gravatar
Shakiena Adenan said...
January 20, 2009 at 5:31 AM  

hahaha
kalo facebook bersih alias ga ada orang2, trus buat apa bikin facebook..???
lagian anak medinfo kok ga punya facebook?? hehehehe
teh cumi.. yg alesan nomer 5.. aku akan merubah facebook menjadi seperti itu!!

gravatar
Anonymous said...
January 23, 2009 at 2:30 PM  

You'd like to be different cum!!
santai saja..
Tuhan mu yang sering kau sebut namaNYA ada di atas sana.
jadi lupakan kiri kanan mu..

cid.

gravatar
Anonymous said...
January 24, 2009 at 9:06 AM  

terkadang mata manusia terlalu naif memandang semuanya.
ada esensi dibalik udara yang tak berwarna
ada warna dibalik beningnya yang kau teguk hari ini,
tegakkan kepalamu dan tersenyumlah!]


.hrhp.

gravatar
Desperate Houseboy said...
January 27, 2009 at 8:43 PM  

Ayo Mi, bikin fesbuk! Ahahaha.

gravatar
Gynaecia's said...
May 31, 2009 at 3:18 AM  

Waaah. Info update-an soca angkatan 07 direlease nya d fb.. Jd,sy butuh fb. Hehe.

Post a Comment